Amien Rais: Rezim Jokowi Beri Angin Kebangkitan PKI

Amien Rais/Net

[ ZahirMedia ] Wacana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memproduksi ulang film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI menuai kritik dari berbagai kalangan. Salah satunya, Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais.
Amien menilai wacana yang dilontarkan Jokowi itu seperti memberikan angin segar bagi kebangkitan bagi Partai Komunis Indonesia (PKI). 

"Yang jelas sekarang ini, rezim Jokowi secara nggak disadari memberikan angin kebangkitan PKI, itu yang bahaya," ucap Amien saat menghadiri resepsi pernikahan putra Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ray Zulham, di Hotel Raffles, Setia Budi, Jakarta, Minggu (24/9). 

Menurut Amien, Jokowi harus berhati-hati jika ingin memproduksi ulang film tersebut. Lantaran pemberontakan PKI merupakan peristiwa sejarah yang telah puluhan tahun berlalu. Pemerintah butuh riset panjang untuk memproduksi kembali film tersebut.

"Pak Jokowi harus hati-hati dalam mengusulkan film baru. Karena yang dibuat pada sekian tahun lalu itu adalah film berdasarkan riset yang panjang. Tidak ngawur," katanya.

Ia berharap, kemunculan film G30S/PKI versi baru nantinya tidak menjadi momentum untuk membenarkan PKI. 

"Kalau kemudian versi baru mau membenarkan PKI, saya kira siapa pun akan bangkit untuk mengingatkan itu. Pokoknya Jokowi hati-hati," pungkas mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu. [ian]

Sumber: rmol.co