Ragukan Itikad Pemerintah, Ratna Sarumpaet Ditunjuk Menjadi Koordinator Tim Pencari Fakta



[ ZahirMedia ]  Forum Bandung Informasi Meeting Gerakan Selamatkan Indonesia (GSI) yang digelar sejak pagi tadi (Minggu, 18/3) di Savoy Homann, Bandung, ditutup dengan pembacaan rekomendasi.

Ada empat poin dalam rekomendasi yang dibacakan wartawan senior, Teguh Santosa, mewakili tim perumus yang berjumlah sembilan orang. 

Dalam rekomendasi disebutkan bahwa peserta Bandung Informal Meeting meragukan itikad pemerintah dalam menghadirkan rasa aman di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini terlihat dari cara aparat keamanan menangani kasus penyerangan terhadap pemuka agama. 

Hal lain, peserta Bandung Informal Meeting menugaskan penggagas pertemuan, Ratna Sarumpaet, menjadi koordinator Tim Pencari Fakta penyerangan terhadap  pemuka agama di sejumlah daerah. 

Berikut isi lengkap rekomendasi forum Bandung Informasi Meeting: 

Memperhatikan proses penegakan hukum sejumlah kasus penyerangan terhadap pemuka agama beberapa waktu belakangan ini, peserta Bandung Informasi Meeting Gerakan Selamatkan Indonesia (GSI) menyatakan: 

1. Meragukan itikad dan kemauan pemerintah dalam rangka menghadirkan rasa aman dan melindungi rakyat dan bangsa Indonesia.

2. Mendesak Presiden Republik Indonesia mengevaluasi Institusi dan proses penegakan hukum yang dibutuhkan untuk menjamin keamanan Warga Negara.

3. Untuk mengetahui data dan fakta yang sesungguhnya terhadap jumlah korban maupun motif penganiayaan pemuka agama, di Bandung - Jawa Barat  maupun yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia, maka Forum ini menyepakati pembentukan Tim Pencari Fakta (TPF) dan hasil kerjanya disosialisasikan kepada publik, lalu diserahkan kepada pemerintah sebagai masukan konstruktif. 

4. Menugaskan Ibu Ratna Sarumpaet selaku Aktivis HAM dan penggagas Forum ini sebagai koordinator Tim Pencari Fakta dimaksud. 

Demikian rekomendasi ini dibuat sebagai dokumen publik, untuk ditindak lanjuti dan diketahui oleh pihak-pihak terkait.  

Bandung Informal Meeting
Ahad, 18 Maret 2018

1. Tjeje H. Padmadinata
2. DR. KH Cecep Sudirman Anshari, MA, MPD
3. Paskah Irianto
4. Radar Tribaskoro
5. Teguh Santosa
6. Bastian P. Simanjuntak
7. Harlans M. Fachra
8. Zamzam, SH
9. Adhie M. Massardi
 [wid] 


Sumber : rmol.co